Yayasan Bina Lentera Insan bekerjasama dengan PetaBencana.id membangun edukasi tentang kewaspadaan dan upaya mitigasi bencana melalui platform PetaBencana.id.

Pada tanggal 07 Desember 2023, sebuah acara sosialisasi dan pelatihan digelar di areal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Kegiatan ini merupakan inisiatif untuk meningkatkan kesiapan relawan bencana dalam menghadapi tantangan kompleks yang mungkin timbul akibat bencana alam. Dengan menghadirkan platform PetaBencana.id sebagai fokus utama, tujuan utama kegiatan adalah memberikan wawasan mendalam kepada para relawan mengenai cara memanfaatkan alat ini untuk koordinasi efektif dan pemetaan bencana.

Peserta kegiatan terdiri dari relawan bencana yang dilatih oleh Trainer Relawan Bencana (40 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat). Dalam suasana penuh semangat, para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang fitur-fitur PetaBencana.id dan melibatkan diri dalam pelatihan keterampilan dasar seperti pertolongan pertama dan evakuasi. Kegiatan ini juga mencakup sesi demonstrasi praktis tentang penggunaan PetaBencana.id dalam simulasi situasi bencana, yang memberikan pengalaman langsung tentang aplikasi alat ini di lapangan.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman relawan terkait PetaBencana.id dan keterampilan dasar mereka dalam merespons bencana. Sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan secara lansung ke mahasiswa, dosen, pegawai dan masyarakat sekitar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Kegiatan juga dibarengi dengan diskusi sederhana yang berhasil membangun kolaborasi dan koordinasi yang lebih erat di antara para relawan, menumbuhkan harapan untuk respons bencana yang lebih efektif dan terkoordinasi di masa depan. Kegiatan ini merupakan langkah-langkah konkrit dapat diambil untuk memperkuat kesiapan relawan dalam menghadapi berbagai tantangan bencana, dan PetaBencana.id telah terbukti sebagai alat yang berharga dalam mendukung upaya ini.

Seiring dengan kegiatan ini, Sulawesi Utara, tempat diselenggarakannya acara, memiliki potensi bencana yang perlu mendapatkan perhatian serius. Wilayah ini rawan terhadap bencana gempa bumi, tanah longsor, dan tsunami akibat letak geografisnya yang berada di pertemuan lempeng tektonik. Oleh karena itu, pemahaman yang lebih baik tentang PetaBencana.id diharapkan dapat membantu relawan dan masyarakat setempat dalam merencanakan respons cepat dan efisien dalam menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di masa depan.

Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, karena kontribusi semua pihak. Sehingga ucapan terima kasih disampaikan kepada semua relawan terlatih, mahasiswa, pegawai, dan panitia kegiatan yang telah berkontribusi dalam keberhasilan acara ini, terlebih khsusus kepada PetaBencana.id yang telah mendukung pembiayaan kegiatan ini, serta Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang telah bersedia bermitra untuk pelaksanaan kegiatan ini. Semua hasil dan masukan dari kegiatan ini akan menjadi landasan untuk perbaikan dan pengembangan lebih lanjut, menandai langkah positif dalam memperkuat kapasitas relawan bencana di Sulawesi Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *